Seminar Nasional Himpro Satwaliar 2013: “Pangolins: Know Them Well, Treat Them Right”

 

Spanduk2 - Copy

Himpunan Minat Profesi Satwaliar Fakultas Kedokteran Hewan IPB akan mengadakan kegiatan seminar nasional yang bertema “Pangolins; Know Them Well, Treat Them Right” yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 1 juni 2013 jam 08.00-14.00 di gedung Andi Hakim Nasution IPB.

Trenggiling jawa (Manis javanicus) merupakan salah satu mamalia dilindungi di Indonesia sejak tahun 1931 berdasarkan ordonansi Peraturan Perlindungan Binatang Liar 1931 No. 266 dan diperkuat dengan UU No.5 Tahun 1990. Status tersebut dipertegas dengan surat Keputusan Mentri Kehutanan No. 301/Kpts-II/1991 dan No. 882/Kpts-II/1992.

Secara ekologi trenggiling merupakan satwa yang bermanfaat dalam upaya penggemburan tanah dan pengendalian serangga. Secara ekonomi trenggiling termasuk sumberdaya alam hewani yang memiliki nilai jual yang tinggi (Hertanto 2010). Produk dari trenggiling yang diperdagangkan berupa kulit, sisik, daging, bahkan dalam bentuk hidup (Warts 2007). Selain itu trenggiling juga telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional.

Saat ini kondisi populasi alam trenggiling dalam ancaman yang tinggi. Volume perdagangan yang tinggi terutama untuk sisik dan daging merupakan faktor utama berkurangnya populasi trenggiling di Indonesia. Menurut Wilson (1994), keadaan tersebut diperparah dengan fakta bahwa pemulihan populasi tidak diikuti keberhasilan penangkaran. Hal ini dikarenakan trenggiling tidak dapat hidup dan berkembang biak dengan baik di penangkaran.

 

Pemerintah dan semua pihak terkait perlu segera bertindak dalam upaya pelestarian trenggiling, baik dengan model konservasi eksitu maupun insitu. Menurut FAO (2002), kedua model konservasi tersebut diperlukan untuk upaya perlindungan sumber daya alam hayati. Selain itu diperlukan sosialisasi pentingnya satwa ini, terutama bagi penelitian, pendidikan, maupun keseimbangan ekosistem.

 

Spanduk semnas2 - Copy

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *