Herping SATLI bersama Komunitas ASPERA

IMG_2842IMG_2816

            Pada tanggal 27 Desember 2013, Himpro Satwaliar FKH-IPB mengadakan kegiatan herping bersama Komunitas ASPERA (Komunitas Edukasi Reptil dari Depok). Herping adalah suatu kegiatan mencari binatang reptil (khususnya ular) di hutan. Tujuan dari Herping sendiri adalah untuk mengetahui bagaimana binatang reptil tersebut hidup di habitat aslinya.

         Kegiatan ini diikuti oleh 26 orang, dimana terdiri dari 16 orang anggota Himpro Satli (12 orang 48, 3 orang 47, 1 orang 46) dan 10 orang anggota Aspera. Kegiatan ini dimulai pada pukul 20.30 WIB diawali dengan perkenalan anggota Satli maupun anggota Aspera. Kemudian sekitar pukul 21.00 WIB, kegiatan herping  dimulai dengan rute FKH, Hutan Perumdos, dan kembali lagi ke FKH. Herping kali ini cukup menunjukkan bagaimana herping sebenarnya, karena sebelumnya telah turun hujan di sore hari. Sehingga medan yang dilalui pun cukup licin. Tak sedikit dari peserta yang terpeleset dan kemudian jatuh.

         Sepanjang perjalanan kami terus mencari keberadaan ular-ular. Cukup sulit untuk mencari binatang melata tersebut, karena kebanyakan dari kulit binatang tersebut hampir menyerupai habitatnya. Setelah berjam-jam mencari, akhirnya sekitar pukul 01.30 WIB kami tiba di tempat awal yaitu FKH. Sebelum dilakukan identifikasi hasil kegiatan herping, kami terlebih dahulu makan malam bersama sambil berbincang-bincang mengenai reptil di BC (Blue Corner). Setelah itu, baru kami melakukan identifikasi hasil tangkapan herping kami.

IMG_2821

        Dari hasil identifikasi, kami mendapatkan 2 ekor ular siput (Tidak berbisa), 2 ekor ular tampar angin (Tidak berbisa), 1 ekor ular pucuk (Berbisa rendah), dan 2 ekor baby ular Albolabris (Berbisa tinggi).

IMG_2827

       Setelah selesai melakukan identifikasi, semua ular di release kembali ke habitatnya (sekitar kampus), kecuali 2 ekor baby Albolabris yang diambil oleh pihak Aspera karena terlalu berbahaya untuk di release disekitar kampus dan selanjutnya akan digunakan sebagai bahan edukasi ke publik. Sebelum berakhir, kami melakukan foto bersama sebagai kenang-kenangan.

#Salam Lestari #Salam Darah Dingin

herping

One thought on “Herping SATLI bersama Komunitas ASPERA

  1. Gambar/foto temuannya dikasih judul (info mengenai spesies ularnya) lebih bagus, biar yang ga ikut herping dan diskusinya bisa tau juga, itu lho yg namanya ular pucuk, dsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *