BINTURONG


binturong 2Satwa apa yang memiliki wajah seperti kucing, tubuh seperti beruang dan ekor yang menyerupai monyet? Binturong! Atau yang lebih sering disebut bearcat (kucing beruang). Binturong memiliki tubuh yang panjang, rendah, gemuk dan ditutupi oleh rambut kasar yang terlihat kusut berwarna hitam strip abu-abu. Binturong juga memiliki jumbai dari telinga kecil mereka yang bulat. Kumis yang panjangnya dapat mencapai 8 inchi membuatnya terlihat seperti kucing. Binturong adalah hewan yang kuat, mereka dapat tumbuh hingga mencapai 1 meter (belum termasuk ekor yang panjangnya sama dengan panjang tubuhnya). Binturong hidup di hutan hujan tropis yang lebat di daerah Asia Tenggara dan jarang terlihat di alam liar. Saat ini mereka diklasifikasikan sebagai hewan rentan (IUCN status : Vulnerable), dengan penurunan populasi mencapai lebih dari 30 persen.

fakta tentang Binturong :

  1. Meskupun sering disebut bearcat, binturong sama sekali tidak berhubungan dengan beruang maupun kucing. Binturong termasuk dalam family Viverridae, kelompok mamalia berukuran kecil hingga sedang yang hanya ditemukan di hemisphere timur. Kelompok ini juga meliputi musang dan genet, yang juga termasuk dalam karnivora yang paling beragam.
  2. Binturong adalah karnivora, tetapi lebih banyak memakan buah. makanan faorit mereka adalah anggur (San Diego Zoo).
  3. Binturong memiliki kelenjar bau yang terletak di bawah ekornya. Ketika berjalan, mereka menyeret ekornya di batang pohon dan tempat lainnnya untuk menandai teritori mereka. Bau ini menandakan bahwa area tersebut telah terisi dan binturong lain harus pindah atau pergi dari tempat yang teah tertandai Bau khas ini juga membantu binturong untuk menemukan pasangannya.
  4. Binturong juga membuat suara untuk berkomunikasi. Secara berkala, binturong mungkin akan menghasilkan suara rendah atau berdesis dengan mengeluarkan udara dari bibir yang sedikit dibuka. Binturong betina yang sedang estrus akan mendengkur seperti kucing.
  5. Binturong hidup di kanopi hutan yang tinggi dan jarang turun ke permuakaan tanah. Mereka adalah pemanjat yang baik, bergerak perlahan dan waspada melewati cabang-cabang pohon. kaki belakangnya dapat diputar ke belakang dan menjadi pegangan ketika menuruni pohon dengan posisi kepala di bawah. Binturong tidak bisa melompat dari satu pohon ke pohon lainnya
  6. Binturong adalah satu-satunya mamalia Hemisphere Timur yang dapat menggunakan ekornya untuk berpegangan selain Kinkajou .
  7. Binturong kawin sepanjang tahun, tetapi hanya melahirkan di sekitar Januari-Maret.
  8. Binturong memainkan peran penting di habitat hutan hujan tropis. Mereka menyebarkan benih dari buah-buahan yang mereka makan melalui kotoran mereka.

binturong 1

Sources:

“Arctictics Binturong” (Online), Encyclopedia of Life
http://eol.org/pages/328085/overview

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *