PRESS RELEASE

PELANTIKAN ANGGOTA BARU HIMPRO SATWA LIAR FKH IPB

28 Februari – 1 Maret 2015

Pada tanggal 28 Februari 2015 sampai 1 Maret 2015 lalu, Himpro Satwa Liar FKH IPB mengadakan kegiatan pelantikan anggota baru di di Bumi Perkemahan Barubolang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNG-GP). Panita memulai persiapan keberangkatan dan berkumpul di depan BNI pada pukul 22.00 WIB tanggal 27 Februari 2015 kecualiSATLI1 panitia divisi konsumsi yang mempersiapkan konsumsi panitia di basecamp mereka. Pada pukul 00.00 WIB di tempat yang sama peserta pelantikan berkumpul dan panitia mengecek perlengkapan peserta pelantikan. Sebelum meninggalkan Dramaga, ketua pelantikan, ketua Himpro Satwa Liar periode 2014-2015 dan Ketua Himpro Satwa Liar periode 2013-2014 memberikan kata sambutan dan memimpin doa.

Peserta pelantikan yang mencapai 63 orang, panitia yang berasal dari angkatan 49, sebagian anggota Himpro Satwa Liar FKH IPB angkatan 48 beserta alumni berangkat dari
Dramaga, Bogor menuju posko di Desa Sukagalih, Resort Cisarua seksi Pengelolaan Taman Nasional WILAYAH III Bogor dengan 3 truk beserta beberapa panitia yang membawa kendaraan bermotor untuk keperluan mobile.

Setelah sampai di posko, peserta dan panitia menuju lapangan bawah, panitia membagikan makanan dan strecing bersama-sama sebelum melakukan perjalanan dan pada pukul 2.00 peserta dan panitia berangkat menuju lokasi perkemahan dan sholat subuh diperjalanan.  Peserta dan panitia akhirnya sampai di lokasi perkemahan pada pukul 08.00 WIB dan mendirikan tenda dan dapur cantik untuk keperluan memasak dansatli 2 tidur. Setelah itu peserta memasak bekal yang dibawa mereka dan makan siang bersama-sama. Pada saat itu, panitia mengamankan ular kecil yang masih belum diidentifikasi spesiesnya yang merayap di kaki salah satu panitia. Setelah makan siang, angkatan 48 dengan semangatnya mereka sharing pengalaman dengan adik-adik peserta.

Pada pukul 14.00 diadakan games untuk mencegah kebosanan. Setelah itu panitia dan pemandu mempersiapkan lokasi pengamatan satwa dan menemukan beberapa bekas cakaran, gesekan badan dan jejak kaki macan. Pada pukul 15.30  hujan turun sehingga medan menjadi sulit dilalui dan membuat panitia mempertimbangkan untuk tidak melakukan pengamatan, namun peserta tetap semangat untuk melakukan pengamatan. Akhirnya, peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan berdiam di spot yang aman dengan mengenakan jas hujan lengkap dengan boot selama 30 menit.

Namun cuaca semakin tidak bersahabat, hujan turun deras dan awet hingga peserta dan panitia banyak yang fisiknya tidak kuat dan mengalami hipotermia sehingga kegiatan diistirahatkan sambil menunggu alumni datang dan memulai kegiatan perkenalan antar divisi dan alumni pada pukul 01.00, setelah itu api unggun dinyalakan untuk menghangatkan badan dan sholat subuh bersama. Sekitar pukul 07.00 upacara sakral pelantikan anggota baru dimulai dengan di pimpin oleh ketua pelantikan dan di nobatkannya Amira Putri Pertiwi dan Ikhsan Kadarusman sebagai Queen dan King 50 serta kelompok 2 yaitu kelompok Babirusa  dengan Penanggung Jawab kelompoknya yaitu Intan Renita menjadi kelompok terbaik. Setelah itu peserta, panitia, dan alumni berfoto bersama.

Sebelum pulang, peserta dan alumni makan bersama dengan menggelar daun pisang dan dialaskan bungkus nasi dan akhirnya dengan menaiki 4 truk rombongan Himpro Satwa Liar FKH IPB sampai di Dramaga kembali pada pukul 16.00 WIB tanggal 1 Maret 2015.satli 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *