Biologi, Fisiologi, Nutrisi Satwa Primata Secara Umum


headerprimate logo cluster primate

 

 

Tanggal:16 Maret 2016
Tempat: Exvet

Diskusi I Cluster Primate: Biologi, Fisiologi, Nutrisi Satwa Primata Secara Umum

Primata di dunia sekitar 400 spesies, terbagi atas 6 kelompok, berdasarkan wilayah dan karakteristik. Pembagian primata tersebut adalah: (1) Lemur, (2) Loris, (3) Tarsier, (4) Monyet dunia baru, (5) Monyet dunia lama, (6) Kera dan Manusia. Monyet dunia baru merupakan monyet-monyet yang ditemukan di Benua Amerika dan digolongkan dalam Platyrrhini. Monyet dunia lama dan kera digolongkan ke dalam Catarrhini. Terdapat lebih dari 40 spesies primata di Indonesia (lebih dari 10 % primata dunia). Primata di Indonesia antara lain golongan Loris (Kukang), Tarsier (Tarsius), Monyet dunia lama (Macaca, Lutung, Bekantan), dan Kera (Owa, Siamang, Orangutan).

UntitledUntitled 1

Satwa primata termasuk dalam klasifikasi kingdom animalia, filum chordata, kelas mammalia, sub kelas mamalia berplasenta (eutheria),  superordo euarchonta, dan ordo primates. Satwa primata memiliki karakteristik antara lain (1) rambut menyelimuti hampir seluruh bagian tubuh, (2) masa menyusui relatif lama, (3) homeotermal, (4) ukuran otak berkembang dengan sangat baik, (5) memiliki kemampuan belajar dan tingkah laku yang fleksibel, (6) memiliki tangan dan kaki dengan kemampuan mencengkram, (7) kedua matanya terletak pada bagian anterior.

Berdasarkan aktivitas hidupnya ada primata yang terdapat kelompok primata yang melakukan sebagian besar aktivitasnya di siang hari (diurnal) dan di malam hari (nocturnal). Berdasarkan tempat hidupnya terdapat kelompok primata yang lebih banyak beraktivitas di atas pohon (arboreal) dan di atas tanah (terrestrial). Berdasarkan aktivitas sosialnya, terdapat primata yang hidup secara berkelompok, berpasangan, atau individual. Cara satwa primata saling berkomunikasi ialah melalui ekspresi wajah dan vokaliasasi. Primata umumnya menyusui dalam periode yang lama dan hanya melahirkan satu anak tiap kelahiran (primapara).

Terdapat beberapa jenis penggolongan pakan primata. Faunivore adalah pemakan material asal binatang. Contoh primata yang tergolong faunivore ialah tarsius yang merupakan pemakan serangga. Foliovore adalah pamakan daun dan hijauan. Daun dan hijauan yang berstruktur kompleks dapat dicerna sistem pencernaan yang sangat panjang dan tersegmentasi. Contoh primata yang tergolong foliovore adalah lutung dan bekantan dengan presentase pakan daun dan hijauan yang tinggi. Frugivore adalah pemakan buah-buahan. Umumnya pakan primata merupakan kombinasi dari frugivore, foliovore, dan faunivore dengan jenis dan presentase spesifik setiap spesies.

 

satli(Lutung Merah)            (Owa Jawa)                  (Tarsius)                       (Mongoose Lemur)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *