AD/ADT 2016

PRESS RELEASE

PELAKSANAAN RAPAT REVISI AD / ART (ANGGARAN DASAR / ANGGARAN RUMAH TANGGA)

Rabu, 23 Maret 2016

1

2

 

 

 

 

 

Pada tanggal 23 Maret 2016 lalu, Himpro Satwa Liar Institut Pertanian Bogor telah mengadakan rapat revisi AD / ART (Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga) yang berlokasi di RK B1 FKH IPB. Rapat revisi AD / ART merupakan rapat yang didakan rutin setiap tahunnya di dalam satu kali periode kepengurusan untuk membicarakan tentang perundang-undangan yang berlaku di Himpro Satwa Liar IPB. Rapat tersebut dihadiri oleh pengurus aktif, yaitu angkatan 2014-2015 dan angkatan 2015-2016. Peserta dari kalangan senior juga turut hadir untuk turut serta mengambil andil dalam jalannya acara. Acara direncanakan dimulai pukul 16.30 WIB namun, karena syarat dimulainya rapat adalah pemenuhan kuorum peserta sebanyak 2/3n+1 (±71 orang), acara menjadi dimulai sekitar pukul 17.30 WIB.

Penanggung jawab acara merupakan salah satu anggota aktif kepengurusan angkatan 2015-2016, yaitu Tomi Ragil. Sebelum memulai acara inti, terdapat kesepakatan untuk peserta yang memiliki urgensi lain diperkenankan keluar forum dengan alasan yang jelas serta seijin forum. Acara dimulai dengan pembukaan dari MC (Vinka Aftinata K.) dan sambutan dari ketua Himpro Satwa Liar 2015-2016 (M. Sulthan Rasyid R.), dilanjutkan dengan pembacaan tilawah (Ahmad Munawar R.). Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemilihan presidium 1 dan presidium 2 dengan sistem pengajuan diri (volunteer). Hingga akhirnya diperoleh hasil, presidium 1 terpilih adalah Dedy Surya Pahlawan dan presidium 2 terpilih adalah Shabrina Zakira Zafarina. Saksi 1 adalah M. Sulthan Rasyid Rifai dan saksi 2 adalah Alriando Hidayat. Namun, keberlangsungan acara terpotong oleh jeda ibadah Sholat Magrib sehingga terdapat waktu istirahat hingga pukul 18.15. Acara dilanjutkan dengan pembacaan AD / ART oleh presidium 1.

Terdapat beberapa bagian pasal yang mengalami konflik yang pelik antar peserta, misalnya saja tentang logo harimau Himpro Satwa Liar IPB yang ingin diganti, dari yang semula berwarna putih menjadi warna oranye untuk memperjelas spesies harimau sebagai logo Himpro Satwa Liar. Terdapat berbagai pendapat tentang revisi ini, ada yang pro dan ada pula yang kontra. Namun, hasil akhirnya adalah logo tetap sama seperti semula dan tidak ada perubahan dengan logo. Masih banyak lagi konflik mengenai pasal yang lainnya, konflik tersebut mendapatkan berbagai keputusan akhir ada yang di revisi ada pula yang seperti pasal awal. Contoh lainnya adalah pasal mengenai waktu didirikannya Himpro Satli IPB. Tidak ada yang mengetahui pasti tanggal didirikannya himpro Satli, sehingga hal tersebut menjadi tugas anggota kepengurusan aktif untuk mencari tahu secara mendetail tentang hal tersebut.

 

Acara berlangsung cukup lama karena terdapat berbagai macam pendapat tentang revisi pasal AD / ART sehingga acara berakhir sekitar pukul 22.00 WIB dengan ketokan palu dari presidium 1 pertanda bahwa revisi telah diresmikan dan disetujui oleh seluruh peserta. Acara berakhir dengan penutupan secara resmi oleh MC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *