SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP SATWALIAR 2016

expo-4 expo2

Hari pertama acara Seminar Nasional dan Workshop Satwaliar 2016 dimulai dengan Seminar. Seminar terserbut diadakan di gedung Auditorium GMSK IPB. Seminar dimulai pukul 9.30 yang dibuka oleh sebuah tarian merak. Selanjutnya dilanjutkan oleh menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne IPB serta pembacaan tilawah oleh Jumari. Sambutan diberikan oleh I Putu Gede Kusuma Yuda sebagai Ketua Pelaksana, M Sulthon Rasyid Rifai sebagai Ketua Himpro Satwaliar IPB dan  Dr. drh. Ligaya ITA Tumbelaka SpMP, M.Sc sebagai Pembina dan perwakilan FKH IPB yang sekaligus membuka secara resmi acara ini. Setelah itu dilanjutkan dengan photo session  oleh seluruh undangan dan panitia.

Seminar Nasional yang diberi judul Eksistensi Satwa Endemik dirumah Sendiri : Curik Bali ini di moderatori oleh drh. Ridzki M F. Binol sedangkan materi diisi oleh tiga pemateri handal. Pemateri pertama oleh Bambang Wahono Adji selaku Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati, Pemateri Kedua adalah Tony Sumampau yang merupakan Ketua Asosiasi pelestari Curik Bali Indonesia dan materi ketiga disampaikan oleh Supriyanto Akdiatmojo yang berasal dari Mega Bird Farm Indonesia. Masing-masing pemateri diberi waktu 20 menit untuk memaparkan presentasinya selanjutnya diberikan waktu untuk tanya jawab yang dilakukan sebanyak 2 sesi. Setelah seminar selesai, acara break Ishoma bersama dan ada penmapilan hiburan oleh Klinik Nada. Selanjutnya peserta diminta kesan pesan mengenai acara dan ada juga pemberian hadiah kepada penanya terbaik dan lomba foto dengan caption terbaik serta like terbanyak di Instagram yang sekaligus menutup acara pada hari itu. Acara selesai pada puku 13.50.

Hari kedua rangkaian acara Seminar Nasional dan Workshop Satwaliar 2016 dimulai dengan keberangkatan peserta ke TMII Jakarta Timur pada pukul 07.00 WIB. Peserta disambut pihak TMII di Taman Reptil dengan sangat baik. Peserta berkeliling di Museum Komodo dan Taman Reptil sebelum acara dimulai. Pukul 08.30 WIB acara dimulai di Auditorium dengan menonton video tentang reptil dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Dr. drh. Ligaya ITA Tumbelaka SpMp, M.Sc sebagai Pembina HIMPRO Satwaliar, I Putu Gede Kusuma Yuda Sebagai Ketua Pelaksana, dan Ir. Unggul Yudiyanto selaku Manajer Taman Burung, Museum Komodo dan Taman Reptilia. Sebelum berpindah lokasi, peserta dan panitia berfoto bersama pihak TMII serta menyerahan kenang-kenangan dari pihak TMII dan pihak HIMPRO Satwaliar.

Pada pukul 10.00 WIB materi workshop  mulai disampaikan oleh drh. M. Piter Kombo. Materi yang disampaikan mulai dari anatomi burung, handling dan restrain, hingga kasus yang sering muncul pada burung. Setelah jeda makan siang dan sholat, kegiatan dilanjutkan dengan praktik workshop di lokasi Karantina Baru TMII. Wokrshop dimulai dengan demo dan praktik handling unggas kecil seperti merpati, jalak kerbau, dan ayam, serta handling burung besar seperti merak hijau dan bangau tongtong. Setelah handling, peserta diajarkan demo dan praktik pengambilan darah, force feeding, dan penyuntikan obat. Terakhir, peserta diberikan satu ekor burung besar dan satu ekor burung kecil tiap meja untuk dilakukan nekropsi. Acara kemudian ditutup oleh drh. Kombo dan peserta diperbolehkan berkunjung mengelilingi Taman Burung TMII.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *