Diskusi Perdana Cluster Primate

Klasifikasi Ordo Primata 

Diskusi perdana Cluster Primate dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2017 di Exvet. Diskusi ini dihadiri oleh 19 orang peserta yang berasal dari berbagai cluster di Himpro Satli FKH IPB. Diskusi pertama Cluster Primate ini membahas tentang ciri khas ordo primata secara umum, pembagian klasifikasi ordo primata ke beberapa subordo, serta pengenalan primata yang ada di Indonesia. Berikut adalah klasifikasi ordo primata

ordo primataSatwa primata termasuk dalam kelas mamalia dengan sub-grup mamalia berplasenta. Karakteristik dari primata antara lain: 1). Memiliki rambut pada hampir seluruh bagian tubuh, 2). Masa menyusui relatif lama, 3). Homeotermal, 4). Mempunyai kemampuan belajar, 5). Tingkah laku fleksibel, 6). Cenderung berpostur tegap, 7). Tangan dan kaki memiliki kemampuan mencengkram, 8). Memiliki penglihatan warna, 9). Posisi mata terletak di bagian depan kepala, 10). Kemampuan penciuman yang tidak begitu baik, dan 11). Berkembangnya ukuran otak.

Primata memiliki wilayah hidup arboreal atau terrestrial. Hewan arboreal berarti hewan yang menghabiskan hidupnya di atas pohon, sedangkan hewan terrestrial adalah hewan yang memiliki wilayah hidup di tanah. Kebanyakan primata berjalan dengan cara quadripedal serta memiliki lengan yang dapat digunakan untuk mengayun. Beberapa jenis primata, khususnya infraordo Platyrrhini memiliki ekor prehensile, yaitu ekor yang memiliki kemampuan mencengkram.

Dalam dunia primata ini, dikenal pula istilah kera dan monyet. Perbedaan kera dan monyet di antaranya adalah 1). Kera memiliki tangan lebih panjang dari kaki, sedangkan monyet relatif memiliki kaki lebih panjang daripada tangan, 2). Kera tidak memiliki ekor, sedangkan monyet memiliki ekor yang relatif panjang.

Primata yang memiliki wilayah hidup di Indonesia di antaranya adalah tarsius, kukang, macaca,  lutung, bekantan, owa dan siamang.

macaca

Gambar 1  Macaca nigra atau Yaki dari superfamily Cercophitecoidea

pongo

Gambar 2  Pongo sp.atau orangutan dari superfamily Pongidae

macaca 1

Gambar 3  Macaca fascicularis atau monyet ekor panjang dar superfamily Cercophitecoidea

tarsius

Gambar 4  Tarsius sp. atau tarsius dari infraorder Tarsiiformes

cebus

Gambar 5  Cebus capuchin atau white-faced capuchin dari superfamily Ceboidea

lemur

Gambar 6. Lemur catta atau ring tailed lemur dari superfamily Lemuroidea

nycticebus

Gambar 7. Nycticebus sp. atau kukang dari superfamily Lorisoidea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *