Diskusi Perdana Cluster Wild Carnivore

Famili Felidae

Diskusi perdana Cluster Wild Carnivore dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Mei 2017 di Chick n Tea pada jam 19.00 dan dihadiri oleh 9 anggota Cluster Wild Carnivore. Topik bahasan diskusi kali ini dari kelompok 1 Felidae, yaitu Panthera pardus melas (Macan Tutul Jawa). Diskusi dihadiri oleh 9 anggota Cluster Wild Carnivore. Berikut adalah pembahasan mengenai Macan Tutul Jawa.

macan

Gambar 1. Macan tutul jawa

Perbedaan antara macan tutul (leopard) dan jaguar pertama dari wajahnya dapat terlihat lebih macan tutul memiliki wajah yang lebih ramping, tubuh jaguar lebih berotot, dan secara habitat macan tutul berasal dari Afrika atau Asia sementara jaguar berasal dari Amerika.

perbedaan leopard

Gambar 2. Perbedaan Leopard dan Jaguar

Macan tutul jawa termasuk dalam subspecies macan tutul yang merupakan satwa endemik hutan hujan Pulau Jawa, Indonesia. Diperkirakan spesies ini migrasi dari Afrika ke Asia. Ciri warna kulitnya yaitu kuning/oranye berbintik atau hitam (gen resesif). Aktif beraktifitas pada jam 6.00-9.00 pagi dan 15.00-18.00 sore. Mangsanya bervariasi antara lain rusa, tikus, babi hutan, macaca, lutung, dan surili.
Saat ini macan tutul jawa adalah predator utama di hutan hujan jawa, menggantikan harimau jawa (Panthera tigris sondaica) yang telah punah. Meski demikian status konservasi macan tutu jawa juga sudah tergolong kritis. Menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature) status macan tutul jawa adalah CR (Critically Endangered). Sementara menurut CITES (the Convention on International Trade in Endangered Species) statusnya adalah Apppendix 1, yaitu perdagangannya hanya diperbolehkan dalam kondisi tertentu dan seizing CITES. Perdagangannya juga diatur dalam Undang-undang Republik Indonesia nomor 5 tahun 1999.

klasifikasi

Gambar 3. Klasifikasi Ilmiah Macan tutul jawa

Saat pengamatan di lapang jejak dari macan tutul jawa yang biasa ditemukan adalah telapak kaki, bekas garukan tanah, bekas cakaran, dan bekas makanan (berupa mirip hairball). Ukuran telapak kaki dapat berguna untuk menentukan panjang tubuh dan bekas garukan tanah dapat memerkirakan jalur dari macan tutul jawa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *