Wild Life Exhibition 2017

Posted on Posted in Kegiatan

 

Wildlife Exhibition merupakan suatu acara berbentuk ekshibisi yang memiliki fungsi penyadartahuan kepada masyarakat, sebagai salah satu upaya meningkatkan populasi satwa di alam. Acara Wildlife Exhibition diselenggarakan oleh Himpunan Minat Profesi Satwaliar Fakultas Kedokteran Hewan IPB dengan mengusung tema “Penyadartahuan Masyarakat akan Dampak Buruk Kepemilikan Satwa Liar Secara Pribadi”. Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu, 22 Oktober 2017 pada pukul 10.00 – 22.00 di Mall Botani Square Bogor.

15152505735811515250571501

Pengisi ekshibisi pada acara Wildlife Exhibition merupakan beberapa lembaga konservasi satwa, yaitu WWF-Indonesia, Yayasan Badak Indonesia (YABI), Forum HarimauKita, International Animal Rescue (IAR), Pusat Studi Satwa Primata IPB (PSSP), dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).


1515250574698

Pada ekshibisi ini lembaga konservasi memiliki kesempatan untuk menyampaikan pesan langsung kepada pengunjung mengenai info-info ter-update mengenai satwa liar, kegiatan yang dilakukan oleh lembaga konservasi tersebut, dan dampak buruk kepemilikan satwa liar secara pribadi yang dikemas secara menarik dan edukatif.

1515250575728

Selain ekshibisi, pada acara Wildlife Exhibition terdapat area panggung yang menampilkan talkshow, edukasi oleh lembaga konservasi, dan hiburan.

Talkshow dipandu oleh moderator Drh. Danang Cahyadi (lecture in FKH IPB, wildlife entusiast veterinarian) dengan tema “Aspek Medis Pemeliharaan Satwa Liar”, pembicara talkshow yaitu drh. Wisnu Wardhana (wildlife consultant), Drh. Pujo Setio, MSi (Researcher from Ministry of Environment and Forestry of Republic Indonesia), dan Drh. Subhan (veterinarian of Ragunan Zoo Jakarta). Talkshow ini memberikan informasi mengenai buruknya dampak pemeliharaan satwa liar secara pribadi, dalam aspek kesehatan hewan, lingkungan dan kesehatan manusia. Sesi talkshow ini diikuti oleh pengunjung serta tamu undangan yang terdiri dari civitas akademika IPB, komunitas konsevasi, dan siswa-siswi SMA di Bogor. Sesi edukasi lembaga konservasi oleh masing-masing lembaga konservasi, yaitu WWF-Indonesia, Yayasan Badak Indonesia (YABI), International Animal Rescue (IAR), Pusat Studi Satwa Primata IPB (PSSP), dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Pada sesi ini lembaga konservasi memberikan penampilan yang menarik, menghibur, informatif dan tentunya edukatif dengan media video, presentasi dan game. Selanjutnya terdapat sesi hiburan yang dimeriahkan oleh UKM MAX IPB, Klinik Nada, Steril FKH IPB, dan The Sophomore.

 

15152505674601515250576963

Merupakan kebanggan bagi Himpro Satli telah berhasil melaksanakan Wildlife Exhibition, dengan jumlah total pengunjung 2,600 orang dalam waktu 12 jam. Dengan tercapainya jumlah pengunjung tersebut, diharapkan kini segelintir masyarakat telah mendapatkan pemahaman yang baik akan dampak pemeliharaan satwa liar hingga hal tersebut dapat menekan angka perdagangan satwa liar. Tidak cukup di situ, diharapkan pesan yang disampaikan pada Wildlife Exhibition dapat kembali diteruskan kepada lebih banyak lagi masyarakat sehingga hal ini dapat membentuk suatu paradigma untuk bersama-sama memperjuangkan pelestarian satwa liar di alam.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *