[ P R E S S R E L E A S E ] MAGANG SATLI

Posted on Posted in IPB

Himpro Satwaliar telah melaksanakan kegiatan magang yang dilakukan di berbagai tempat, yaitu Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (Yayasan IAR Indonesia), Ocean Dream Samudra (ODS), Seaworld Indonesia (SWI), Wersut Seguni Indonesia (WSI), Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Nasional Way Kambas. Kegiatan magang ini dilaksanakan pada 15–30 Januari 2018 dan diikuti oleh mahasiswa FKH yang tidak hanya tertarik akan satwa liar, tetapi juga peduli akan keberlangsungan hidupnya. Berikut adalah testimoni dari teman-teman kita yang mengikuti magang satli.

“Magang di ODS dan SWI seru banget, apalagi kalau lebih dari 1 minggu. Alasannya selain bisa tau tentang satwa aquatik yang belum tentu bisa didapat di kampus dan baik dokter maupun staf di ODS-SWI itu semuanya baik dan open banget, gak pelit-pelit share ilmu-ilmunya.” – Sella FKH 53.

“Selama masa magang satli di Ocean Dream Samudra dan Seaworld, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman yang tidak bisa saya dapatkan di bangku kuliah. Saya mendapatkan pengetahuan baru yang bukan hanya tentang satwa liar tapi juga tentang manajemen lapang.  Bagaimana menjadi dokter hewan bagi hewan-hewan yang jumlahnya ribuan spesies bukan pekerjaan yang mudah dan bagaimana untuk menjadi dokter hewan yang bukan hanya bisa mengobati hewan yang sakit tetapi juga untuk memastikan welfare dari hewan tersebut terpenuhi.” – Dhea FKH 53.

“Kami belajar banyak hal mulai dari lab skill seperti pengecekan kadar air dan parasit, distribusi obat, pemberian pakan, bahkan kami juga beruntung karena dapat menyaksikan langsung proses pengambilan darah pada lumba-lumba. Semoga apa yg telah kami pelajari selama seminggu di ODS dan SWI dapat meningkatkan skill kami kelak :))” – FKH 53.

“Magang YIARI itu seru banget dan merupakan magang paket lengkap, karena ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan di sana tidak hanya tentang medis tapi juga manajemen untuk satwa liar. Banyak ilmu baru yang saya dapatkan terutama tentang satwa liar itu sendiri. Saya belajar cara menghandle dan ilmu medis tentang pengobatan satwa liar. Tidak mudah untuk menghandle satwa tersebut, apalagi sifat mereka yang liar dan dapat menyerang menggunakan gigitan dan bisa yang dimiliki. Saya juga belajar tentang manajemen satwa liar mulai dari rescue, rehabilitasi, hingga persiapan untuk pelepasliaran ke habitatnya.” – Kuntum FKH 52.

“Menurutku magang di TNWK  Bukan hanya sekedar magang, tetapi banyak yang kami dapatkan. Kekeluargaan mungkin hal utama kami dapatkan, hubungan kami juga makin erat satu sama lain, dan kami juga lebih mengenal berbagai masalah tentang gajah, terutama dalam hal cara menanganinya. Banyak kenangan yang kami dapatkan selama magang di TNWK, mungkin inilah magang yang paling berkesan.” – FKH 53.

 

D

Dokumentasi magang di Ocean Dream Samudra dan Seaworld Indonesia

DS

Dokumentasi Magang di Taman Nasional Way Kambas

F

Dokumentasi magang di Ocean Dream Samudra dan Seaworld Indonesia

G

Dokumentasi Magang di Taman Nasional Way Kambas

P

Dokumentasi magang di Yayasan IAR Indonesia

R

Dokumentasi magang di Yayasan IAR Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *