WILDLIFE EDUCATION 2021

Himpunan Minat dan Profesi Satwa Liar Fakultas Kedokteran Hewan IPB melaksanakan kegiatan Wildlife Education secara tatap muka di SDN Cisalada 02 Cigombong Bogor pada hari Sabtu (23/10). Kegiatan ini bertujuan memberi edukasi dan mendorong siswa/i untuk memiliki rasa cinta dan peduli terhadap satwa liar. 

Chelsea Judith Saiulina selaku ketua pelaksana dan Jasmine Electra Alicia Wahono selaku ketua Himpro Satli periode 2020/2021 memberikan sambutan dalam acara pembukaan di lapangan sekolah. Kedatangan mahasiswa/i disambut baik oleh Bapak Dudung Suhara selaku Kepala Sekolah SDN Cisalada 02 Cigombong Bogor.

Peserta mendapatkan materi mengenai pentingnya menjaga dan melindungi satwa liar. Penyebab satwa liar terancam punah juga dijelaskan seperti banyaknya perilaku manusia yang merusak alam seperti membakar hutan, membuat habitat hewan tercemar, perburuan liar, dan eksploitasi satwa. Oleh karena itu, seluruh satwa liar harus dijaga kelestariannya dan manusia sepatutnya dapat mengelola alam dengan baik. Selain itu, kegiatan ini juga memiliki tujuan jangka panjang, yaitu meminimalisir konflik manusia dan satwa di masa mendatang mengingat tempat tinggal peserta berada di dekat Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Terlaksananya edukasi satwa liar sejak dini dapat memberikan harapan apabila terjadi kasus satwa yang memasuki wilayah pemukiman warga, hal tersebut dapat diatasi dengan baik. 

Pemberian materi di dalam kelas masing-masing dilanjutkan dengan permainan games edukatif bernama flashcard yang merupakan produk otentik Wildlife Education dan ular tangga raksasa beserta pertanyaan seputar satwa. Flashcard merupakan permainan kartu berisi 25 gambar spesies satwa terancam punah prioritas di Indonesia. Harapannya melalui permainan ini siswa/i dapat mengenal spesies terancam punah prioritas tersebut dan mengetahui habitat, pakan, dan ciri khusus lainnya. Pelaksanaan kegiatan ini berjalan sesuai protokol kesehatan dan diawasi oleh gugus covid yang bertugas. Peserta dari SDN Cisalada 02 sebanyak 91 siswa/i yang terdiri dari kelas 4, 5, dan 6 mengikuti kegiatan ini dengan senang dan gembira. “Terimakasih kepada adik-adik mahasiswa yang sudah datang untuk memberikan edukasi satwa liar di sekolah ini. Semoga seluruh siswa mendapat pengetahuan baru melalui acara ini” jelas Bapak Dudung sebagai Kepala Sekolah.

Wildlife Education 2021 juga mengadakan donasi untuk lembaga konservasi yang membutuhkan, mengingat kondisi saat ini masih dalam keadaan pandemi sehingga kebun binatang belum ramai pengunjung seperti sedia kala dan mengakibatkan kurang tercukupinya kebutuhan satwa, seperti pakan. Donasi dilakukan melalui penjualan produk otentik WLE diantaranya totebag untuk mengurangi sampah plastik, mug, sticker, flashcard, wildlife book, notebook beserta pembatas buku, dan hampers. Donasi didapatkan melalui 100% keuntungan dari hasil penjualan produk otentik WLE. Tahun ini, WLE berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp.2.062.000,- dan mendonasikannya untuk Maharani Zoo yang terletak di Lamongan, Jawa Timur. Terimakasih kepada para donatur dan semoga dana yang terkumpul dapat berguna bagi satwa yang berada di tempat tersebut.

Salam lestari!

Terima kasih kepada media partner kami :

  

Leave a Reply

Your email address will not be published.